Jokowi Mengajak Masyarakat Mencintai Rupiah


MACROBERITA - Presiden Joko Widodo hadir dan meresmikan pengeluaran serta pengedaran uang rupiah tahun emisi 2016 di gedung Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (19/12).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengajak masyarakat Indonesia untuk menggunakan mata uang rupiah di segala kegiatan ekonomi, mengajak insan tanah air untuk terus mencintai rupiah dengan cara nyata.

"Setiap lembar rupiah adalah asli wujud kedaulatan kita sebagai negara. Setiap lembar rupiah adalah bukti kemandirian bangsa," ujar Jokowi.

Untuk itu, Jokowi juga menambahkan, ia telah menginstruksikan pihak terkait untuk membuat pengamanan uang rupiah diperkuat. Teknologi pengamanan itu harus diperkuat. Ia tidak ingin Indonesia kalah dengan negara lain.

"Jangan sampai kita kalah dengan poker pemalsu uang. Dalam setiap lembar rupiah kita tampilkan gambar pahlawan nasional, tari nusantara dan pemandangan alam sebagai wujud budaya dan karakteristik bangsa," kata Jokowi.

Uang rupiah yang baru diluncurkan ini meliputi seluruh pecahan dan bentuk. Untuk pecahan kertas, mulai dari Rp 100.000 (gambar utama Ir Soekarno dan Moh. Hatta), Rp 50.000 (gambar utama Ir. H. Djuanda Kartawidjaya), Rp 20.000 (gambar utama G.S.S.J Ratulangi).

Kemudian, Rp 10.000 (gambar utama Frans Kaisiepo), Rp 5.000 (gambar utama K.H Idham Chalid), Rp 2.000 (gambar utama Mohammad Hoesni Thamrin) dan Rp 1.000 (gambar utama Tjut Meutia).

Sementara untuk pecahan logam, mulai dari Rp 1.000 (gambar utama I Gusti Ketut Pudja), Rp 500 (gambar utama Letjend TNI T.B Simatupang), Rp 200 (gambar utama Tjiptomangunkusumo) dan Rp 100 (gambar utama Herman Johannes).

BACA JUGA : Hari Ini Bank Indonesia Resmi Mengeluarkan Mata Uang Rupiah Jenis Baru

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »